Arsip Blog

QR Code

Sabtu, 26 September 2009

Aktif di Facebook Tingkatkan Kecerdasan

Ada sebuah hasil penelitian yang disampaikan oleh seorang doktor bidang psikologi, menyangkut aktivitas digital dan online seseorang dalam kaitannya dengan tingkat kecerdasan.

Dr. Tracey Alloway, seorang ahli psikologi yang berasal dari University of Stirling di Skotlandia, seperti disampaikan oleh Telegraph, menarik sebuah kesimpulan bahwa menyediakan waktu untuk selalu update di Facebook, juga bermain game perang-perangan atau permainan seperti Sudoku, bisa meningkatkan apa yang disebut "working memory" seseorang.

Working memory merupakan kemampuan untuk mengingat berbagai informasi yang masuk ke otak. Working memory ini diyakini punya peranan yang sangat besar dalam hal kesuksesan dan kebahagiaan seseorang dibandingkan dengan IQ.

Permainan game komputer yang memerlukan perencanaan dan strategi seperti seri game Total War diyakini bisa melatih working memory. "Saya bukan bilang bahwa bermain game seperti itu bagus untuk kemampuan bersosialisasi , tapi yang pasti bahwa permainan seperti itu menggunakan working memory" kata Alloway.

Begitu juga permainan Sudoku dan juga kegiatan untuk selalu update di Facebook, banyak menggunakan kemampuan working memory seseorang. Masih menurut psikolog wanita ini.

Hanya untuk referensi.

0 komentar

Posting Komentar